Selasa, 06 Juli 2010

Alat Ukur Kecepatan Smash

Sering kalau kita sedang menonton televisi pada pertandingan badminton ato tennis, ada hal yang menarik yaitu "kecepatan smash" para pemain.

Rekor tercepat (menurut keterangan reporter televisi pada saat itu **Piala Thomas yang lalu**) adalah smash dari Lin Dan. Pebulutangkis asal Cina itu memiliki kecepatan smash mencapai 339 km per jam.

Nha yang bikin penasaran adalah Nama Alat untuk mengukur kecepatan smash pemain bulutangkis ?

Ternyata :

Nama alat untuk menganalisis gerakan suatu benda adalah Video Analisis Software.

Cara kerjanya sangat sederhana. Pertama kita ambil video dari gerakan benda yang akan dianalisis. Kemudian dengan menggunakan perangkat lunak analisis video, gerekan benda itu dianalisis frame demi frame. Dari analisis itu komputer dapat menghitung berapa kecepatan benda tersebut.

Dari hasil searching di dunia maya, record dunia kecepatan smash di bulutangkis dipegang oleh Fu Haifeng salah seorang pemain ganda China yang berpasangan dengan Cai Yun, record tersebut dilakukannya di Piala Sudirman 3 Juni 2005, dengan kecepatan 332 km/h (206 mph). dan itu merupakan kecepatan tertinggi yang pernah tercatat dari olahraga yang menggunakan raket. dan kecepatan 206 mph adalah lebih cepat daripada kecepatan Kereta Api Eurostar yang kecepatan maksimumnya 186.4 mph.

Sedangkan record smash untuk pemain tunggal putra deicetak dengan kecpatan 305 km/h (189 mph) oleh Taufik Hidayat pemain sekaligus selebritis dari Indonesia. bahkan menurut catatan kecepatan backhand smash Taufik mencapai 260 km/h pada waktu berlaga melawan Chen Hong.

Masih penasaran dengan metode pengukuran smash tersebut?

dari keterangan petugas senayan, ada petugas khusus yang bertugas menembakkan speed gun (atau lebih populer dengan radar gun) yang biasa digunakan untuk mengukur kecepatan bola pada saat pertandingan.

bagaimana alat ini bekerja?

The Speedgun berkerja dengan K-Band transmitter dimana sinyalnya dapat dipantulkan oleh target objek. Pantulan sinyal akan menghasilkan pergeseran efek dopler yang proporsional pada kecepatan objek. pergeseran frekuensi doppler akan dideteksi oleh receiver, dikuatkan sinyalnya, melewati filter frekuensi, kemudian dikonversi menjadi sinyal digital dengan ADC (Analog to Digital Converter) dan mengalami Digital Signal Processing (DSP) dalam sebuah chip.

Dengan menggunakan software algorithma transformasi forrier kompleks, filter chip DSP akan menepis sinyal yang error dan memiliki level rendah untuk mengidentifikasi dan menampilkan kecepatan yang diinginkan dari target. Kecepatan dalam variasi statistik, rata-ratanya kemudian ditampilkan pada display LCD.

bagaimana akurasinya? dari data teknis radar gun bushnell akurasinya +/- 1 mph untuk pengukuran benda bergerak yang posisinya pada gsris lurus menjauhi atau mendekati radar gun. jika pengukurannya dengan sudut tertentu maka akan menghasilkan cosine effect yang membuat toleransi akurasi bertambah besar ketika sudut pengukuran semakin lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar